Belajar matematika memang menjadi momok bagi siswa, ini karena
matematika dari awal sudah dianggap sulit oleh mereka. Memang harus
dicari cara yang lebih baik dan menyenangkan untuk membuat siswa senang
dengan mata pelajaran yang satu ini. Matematika memang identik dengan
rumus-rumus yang memusingkan jika kita tidak bisa memahaminya dengan
benar. Setidaknya kita bisa membuat paham dulu siswa tentang bagaimana
menyelesaikan permasalahan dalam matematika. Jika mereka merasa sudah
mengerti, dengan sendirinya mereka akan mempelajari lebih dalam lagi
tentang permasalahan tersebut.
Bagian yang paling dasar menurut saya dalam belajar matematika adalah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jika sudah dikuasai cara ini dan dimengerti dengan baik, maka akan memudahkan pengajaran materi selanjutnya. Yang umum harus dikuasai adalah materi persamaan.
Misalnya anak akan menyelesaikan persoalan seperti : 2 + ..... = 8. Penyelesaiannya bagi anak kelas 1 SD bisa dengan benda. Misalkan ada delapan pensil. Kemudian dijelaskan jika dari 8 pensil diambil 2 maka sisanya adalah 6. Jadi angka yang cocok untuk titik-titik tersebut adalah 6 (masih ada cara yang lain lagi yang bisa dikembangkan). Jika anaknya sudah masuk kelas 3 SD perlu diberikan pengertian tanpa menggunakan contoh benda. Dari soal diatas, untuk mencari titik-titiknya, maka diajarkan perubahan tanda. Jika pindah keruas lain, maka jika tandanya tambah menjadi kurang dan jika tandanya kurang menjadi tambah. Ini akan sangat mempercepat anak dalam mengerjakan soal. Ini harus diulang terus sampai anak mengerti. Kita memang harus bersabar ketika mengajar.
Cara mudah dan diluar dari cara umum juga sangat menarik perhatian dari anak. Jika kita berhasil mengembangkan cara yang menarik,anak akan senang dan membuat pengajaran menjadi lebih mudah.
Bagian yang paling dasar menurut saya dalam belajar matematika adalah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Jika sudah dikuasai cara ini dan dimengerti dengan baik, maka akan memudahkan pengajaran materi selanjutnya. Yang umum harus dikuasai adalah materi persamaan.
Misalnya anak akan menyelesaikan persoalan seperti : 2 + ..... = 8. Penyelesaiannya bagi anak kelas 1 SD bisa dengan benda. Misalkan ada delapan pensil. Kemudian dijelaskan jika dari 8 pensil diambil 2 maka sisanya adalah 6. Jadi angka yang cocok untuk titik-titik tersebut adalah 6 (masih ada cara yang lain lagi yang bisa dikembangkan). Jika anaknya sudah masuk kelas 3 SD perlu diberikan pengertian tanpa menggunakan contoh benda. Dari soal diatas, untuk mencari titik-titiknya, maka diajarkan perubahan tanda. Jika pindah keruas lain, maka jika tandanya tambah menjadi kurang dan jika tandanya kurang menjadi tambah. Ini akan sangat mempercepat anak dalam mengerjakan soal. Ini harus diulang terus sampai anak mengerti. Kita memang harus bersabar ketika mengajar.
Cara mudah dan diluar dari cara umum juga sangat menarik perhatian dari anak. Jika kita berhasil mengembangkan cara yang menarik,anak akan senang dan membuat pengajaran menjadi lebih mudah.
Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/culture/2294226-membuat-matematika-menjadi-menyenangkan/#ixzz1yxZdGtjA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar